Tanaman yang bisa ‘ngusir nyamuk

Apakah rumah Anda banyak nyamuk? Sangat mengganggu dong? Ya, selain menimbulkan ketidaknyamanan, gatal-gatal di kulit, nyamuk juga kadang bisa menularkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang penularannya lewat nyamuk misalnya demam berdarah dan kaki gajah.

Seperti pada musim penghujan kali ini, tentu nyamuk akan cepat berkembang biak melalui media air yang banyak di selokan atau parit. Maka, jagalah kebersihan lingkungan.

Selain itu, tahukah Anda, bahwa ada beberapa tanaman yang juga bisa menangkal atau mengusir nyamuk. Jadi, selain sebagai tanaman hias, ia ternyata memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai pengusir nyamuk.

Berikut ini beberapa tanaman yang mampu mengusir nyamuk:

1. Lavender
Tanaman hias berbunga ungu ini sungguh cantik dan asri ketika diletakkan di pot. Ia bisa ditempatkan dimana saja, baik itu di luar atau dalam ruangan. Bisa diletakkan di teras rumah atau bisa juga di dalam ruangan. Ketika berbunga, lavender akan mengeluarkan aroma harum. Aroma inilah yang tidak disukai nyamuk.

Lavender
Lavender

2. Kemangi
Bagi Anda yang suka lalapan, tentu tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini. Kemangi biasa disajikan sebagai lalapan mentah. Aroma khas yang dimilikinya, menjadikan siapa saja yang memakannya menjadi segar.

Selain sebagai lalapan, ternyata tanaman kemangi juga mengusir nyamuk. Aroma yang dikeluarkan oleh tanaman kemangi menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat.

Kemangi
Kemangi

3. Bawang Putih
Bawang putih dikenal sebagai tanaman bumbu masak. Aroma yang kuat, menjadikan masakan memiliki citarasa yang kental. Aroma yang dimiliki bawang putih sangat tidak disukai oleh nyamuk. Maka, tidak ada salahnya Anda menanam bawang putih dalamn pot dan meletakkannya di dalam rumah sebagai media pengusir nyamuk.

4. Serai
Bagi Anda penyuka masakan pindang, tentu mengenal baik tanaman serai ini. Benar, serai biasa dijadikan bumbu. Batang serai dipipihkan, lalu dicampurkan ke masakan. Dengan serai, rasa masakan menjadi makin mantab.

Selain itu, serai ternyata juga jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk. Anda bisa memakai tanaman ini sebagai media pengusir nyamuk secara alami.

5. Daun Mint
Daun mint sering juga digunakan sebagai lalapan. Ia juga akan memberikan aroma segar ketika diambahkan ke salad. Selain itu, daun mint ternyata juga mampu berfungsi sebagai tanaman pengusir nyamuk.

daun mint
Daun mint

Demikian jenis-jenis tanaman yang mampu mengusir nyamuk dari rumah Anda. Jika mengusir nyamuk bisa dilakukan dengan cara yang alami, mengapa harus memakai bahan atau racun kimia? Saatnya kembali ke alam, karena alam menyediakan segala yang kita butuhkan.. save our earth_

src; pintarbiologi.com

2 responses to “Tanaman yang bisa ‘ngusir nyamuk

Berikan komentar anda